Kamis, 30 November 2017




BERMAIN SAMBIL BELAJAR

Halo Pharmacist Zone Lovers... kali ini saya akan sharing mengenai serunya bermain sambil belajar. Pada Semester 1 yang lalu saya mendapatkan tugas dari dosen kami Ibu Dra. MG. Isworo Rukmi, MKes. yang mengajar mata kuliah Morfologi dan Fisiologi Tumbuhan Akfar Theresiana Semarang untuk mencari dan mendokumentasikan jenis-jenis akar beserta nama tanaman, bentuk dan fungsinya.
Tentu tugas ini gampang-gampang sulit ya..., karena kita tidak diperbolehkan untuk searching di internet. Berikut 9 jenis akar yang harus kita cari pada waktu itu, yang terdiri dari : 
1. Akar tunjang
2. Akar lutut
3. Akar udara
4. Akar gantung
5. Akar napas
6. Akar pelekat
7. Akar pembelit
8. Akar banir
9. Akar penghisap
Nah, untuk menemukan akar-akar tersebut kita menyusuri ke salah satu daerah yang terletak di Semarang Utara yaitu Tambak Lorok, disana kita menemukan akar tunjang dimana terdapat pada tanaman bakau ( Rhizopora conyugata L.). Akar tunjang merupakan akar yang tumbuh dari bagian bawah batang ke segala arah dan seakan-akan menunjang batang ini jangan sampai rebah, karena batang tumbuhan yang mempunyai akar ini terdapat di atas tanah atau air atau pada batang tanaman lain. Disana terlihat banyak sekali tanaman bakau yang terlihat hijau dan indah. Tak lupa kami memanfaatkan moment tersebut dengan berfoto-foto sambil beristirahat meneduh, karena pada waktu itu cuaca lumayan panas.
Kemudian setelah kita mendokumentasi bentuk akar tunjang tersebut, kita melanjutkan perjalanan kita untuk mencari jenis akar yang lain. Di pinggir jalan arteri daerah pelabuhan kita berhasil menemukan akar napas, akar napas adalah akar yang muncul di atas tanah air, berperan untuk menyerap air dalam proses fotosintesis, terdapat banyak lubang untuk eluar masuknya udara pada proses respirasi.
Kemudian kita menemukan akar gantung yaitu pada pohon beringin di halaman sekolah tinggi ilmu ekonomi Bank BPD. Akar gantung adalah akar yang muncul dari bagian atas tanaman, jika akar ini telah mencapai dan masuk ke dalam tanah akan berperan seperti akar biasa, bagian atas tanah seringkali berubah menjadi batang. 
Kemudian kita menemukan akar banir di tepi jalan Siliwangi arah keluar bandara Ahmad Yani, akar banir merupakan akar yang berfungsi sebagai pengkokoh berdirinya suatu pohon, dan banyak terdapat pada tumbuhan jenis tropik, biasanya akar berbentuk menjalar-jalar ke segala arah.
Untuk akar yang lain yang belum kita temukan pada waktu itu, kita bekerjasama untuk membagi tugas dengan teman kelompok saya, karena sebagian besar untuk akar udara, akar penghisap, akar pembelit dan pelekat banyak ditemukan pada tanaman-tanaman rumahan. Seperti akar udara yang bisa kita temukan pada tanaman anggrek, akar pelekat pada tanaman lada, akar pembelit pada tanaman vanili, dan akar penghisap bisa kita temukan pada tanaman jenis parasit seperti benalu.

Mungkin sekian sharing saya kali ini, sampai ketemu lagi di postingan saya selanjutnya ya...
Terimakasih.. Semoga bermanfaat :)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar